Benchmark Software – Test Kecepatan Aplikasi

Tags: No Tags
Comments: No Comments
Published on: February 26, 2012

Test Kecepatan Aplikasi Ketika di Eksekusi Image

Semua aplikasi membutuhkan waktu ketika di jalankan dan membutuhkan ruang resource yang dibutuhkannya. Tapi semua aplikasi tak sama, karena setiap aplikasi yangdi jalankannya membutuhkan waktu berbeda-beda serta memakan resource yang berbeda-beda pula. Contoh nya ketika ingin meng eksekusi aplikasi di waktu bersama dan waktu kedua.

Jika anda ingin menguji kecepatan aplikasi untuk di jalankan, tentu bisa di lihat dari task manager sebagai cara manual. Tetapi untuk cara cepat kita menggunakan aplikasi yang sangat sederhana dan ringan di gunakan.

Aplikasi ini bernama Apptimer. Cara kerjanya adalah mendeteksi waktu yang di butuhkan aplikasi hingga aplikasi tersebut siap menerima input dari penggunanya. Setelah itu, AppTimer otomatis menutupnya. AppTimer bisa di download di www.passmark.com/products/apptimer.htm dengan file berukuran 63, 17 KB.

  1. Setelah anda download aplikasinya, jalankan file AppTimer.exe untuk mulai menggunakannya.
  2. Pilih aplikasi yang ingin di uji, caranya klik kolom Application. Aplikasi yang dapat di uji hanya ber-ekstensi exe. Test Kecepatan Aplikasi Ketika di Eksekusi Image
  3. Isikan juga kolom lainnya, yaitu kolom log file yang akan menyimpan semua hasil pengujian ke dalam format txt. Test Kecepatan Aplikasi Ketika di Eksekusi Image
  4. Sesuai dengan parameter, program akan terbuka selama beberapa saat kemudian tertutup. Apptimer akan mencatat berapa lama waktu yang di butuhkan untuk melakukannya kemudian menyimpannya ke dalam log file. Dalam artikel hari, program yang akan di uji adalah camfrog. Setelah pengujian selesai, klik tombol OK untuk menutupnya.

Untuk melihat hasil pengujian dengan teliti, di sarankan anda jangan terburu-buru menutup program ini ketika selesai meng-eksekusi. Buka lah file log di lokasi Anda mengaturnya. Dalam file tersebut akan ada pengaturannya. Juga, dalam hasil pengujian berupa aplikasi beserta jumlah eksekusinya di ikuti dengan eksekusi setiap kalinya dalam satuan detik. Dari sini, Anda bisa membandingkan pengujian pada setiap komputer yang berbeda untuk mengetahui performa aplikasi tersebut.

No Comments - Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 


Welcome , today is Saturday, May 26, 2018