Mencari file ganda dalam komputer dengan AllDup

Tags: No Tags
Comments: No Comments
Published on: December 6, 2011

Saya punya kebiasaan menyimpan dan mengcopy file dalam komputer dengan tujuan membackup. Tapi tanpa saya sadari, beberapa file yang sama sering tersimpan di berbagai folder yang berbeda dalam komputer. Tidak jarang juga saya mendownload file yang sama (lagu, program, film, atau file lainnya) dari internet dan menyimpannya di folder yang berbeda. Kalo sudah demikian, file-file yang sama tersebut makin lama akan memenuhi hard disk.

Untuk menangani file-file ganda tersebut, ada sebuah program yang membantu kita mencarikan untuk kita, dan nantinya dapat kita pilih file mana yang akan kita hapus. Program tersebut adalah AllDup (freeware), aplikasi ini bekerja mencari file-file dalam hard disk kita dan menampilkan hasilnya berupa nama-nama file yang sama yang ditemukan di dua tempat atau lebih.

Untuk memulai proses pencarian, pertama kita tentukan dahulu directory akan kita jelajahi (cari filenya) dengan memberikan tanda centang, centang pilihan subfolder jika kita ingin mencari sampai ke akar-akarnya (subfolder). Klik Start Search untuk memulai pencarian.

Selanjutnya kita tinggal menunggu proses pencarian berjalan (lama tidaknya proses pencarian tergantung susunan folder dan jumlah file dalam directory yang bersangkutan).

Setelah proses pencarian selesai, hasilnya dapat dilihat tersusun secara alfabet. Di sini kita tinggal mencari file-file yang ingin kita hapus (jika kita sudah mengetahui nama file yang dituju, kita bisa memasukan nama file tersebut pada kolom search). Dalam contoh saya menemukan file lagu Viva la Vida.mp3 ada di empat lokasi yang berbeda. Untuk menghapusnya tinggal pilih file yang akan dihapus, klik tombol kanan mouse dan pilih Delete file permanently (file tidak bisa direstore) atau pilih Move file to the Windows Recylce Bin (jika kita ingin merestore-nya nanti).

Demikian seterusnya, kita tinggal pilih file-file lainnya untuk kita hapus. Pastikan kita tahu betul file yang akan kita hapus, dengan melihat posisi folder dan properties file lainnya (yang bisa dilihat dengan menggeser ke kanan). Jika kita ragu dengan file yang dimaksud, sebaiknya jangan dihapus.

Nah, sekarang kita bisa menghemat ruang di hard disk kita dengan menghapus file-file ganda yang tersebar di hard disk dengan lebih cepat.

Untuk teman-teman yang ingin mencoba AllDup bisa mendownloadnya di Freeware. Selamat mencoba.

No Comments - Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 


Welcome , today is Monday, April 23, 2018