Kark, Ajak Anak Belajar Sambil Bermain

Categories: Berita, Berita Aplication
Tags: No Tags
Comments: 1 Comment
Published on: November 22, 2011

dxdiaxz7z.com – Ponsel, laptop maupun tablet saat ini tidak hanya digunakan untuk sarana berkomunikasi. Namun juga bisa digunakan untuk belajar tetapi sambil bermain, terutama untuk anak-anak.

Itulah ide awal aplikasi “KARK”, pemenang “Telkomsel Start Up Bootcamp” dan akan mewakili Indonesia di ajang “Joyful Frog Digital Incubator-Innov8 2012 Bootcamp” yang diadakan oleh SingTel selama 100 hari di Singapura, mulai 25 Januari 2012.

Tim “KARK” digawangi Bullit Sesariza, Sindhu Prabowo Dilaksono, Fatkul Amri, Rakhmat Permana, Arsa Widitiarsa, Daniel Simon, dan Fithor Fariz. Permainan “KARK” juga terinspirasi dari permainan “Need for Speed dan Dino Duel Arcade” karena salah satu pembuatnya ada dalam tim ini.

“Kami membuat aplikasi bagi anak yang suka bermain tapi tidak mau belajar. Nah, ide awal itu yang mencetuskan bagaimana tetap bisa belajar dari perangkat digital yang ada,” ungkap Bullit Sesariza, Ketua Tim “KARK” di Jakarta, Minggu malam (20/11/2011).

Sebenarnya, ide tersebut muncul saat Bullit ingin membawa dunia yang lebih menyenangkan ke dalam sebuah ponsel atau gadget yang banyak dipakai sekarang. Apalagi, ponsel saat ini sudah bukan menjadi barang mewah bagi orang dewasa. Anak-anak pun kini sudah dibekali oleh orang tuanya dengan perangkat canggih.

Agar tidak semakin “kebablasan” dalam menggunakan ponsel, Bullit merevolusi ponsel tersebut sebagai sarana belajar. Caranya dengan menggabungkan media konvensional berupa kartu yang sudah ada “QR Code” dan ponsel atau gadget yang dapat membaca “QR code” dari kameranya.

“Untuk sementara kami hanya memakai kertas yang memiliki “QR code”. Nantinya bisa dikembangkan menjadi kartu seperti kartu kredit yang masih memiliki QR code,” tambah Sindhu Prabowo Dilaksono, anggota tim KARK yang saat ini sedang menimba ilmu di IKJ-IDS Jakarta.

Penerima Beasiswa Unggulan dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menambahkan aplikasi game tersebut ditujukan untuk anak usia 5-15 tahun. Ke depan, aplikasi ini juga bisa dikembangkan untuk pembelajaran bagi orang dewasa.

Rakhmat Permana, anggota tim “KARK” menjelaskan aplikasi permainan tersebut ingin memberikan pengalaman bermain di dunia baru yang berbeda dengan dunia permainan yang sudah ada.

“Semua bisa mencoba, tidak perlu takut mencampur kartu-kartu yang ada. Tidak ada yang salah dalam permainan ini,” kata Rakhmat.

Saat ini, KARK baru memiliki satu kategori permainan yaitu iklim, dengan kartu berjumlah 12 lembar. Misalnya, untuk memainkan hujan, pengguna harus menggabungkan kartu “Oceans”, “Wind” dan “Sun”. Namun, jika pengguna salah mengurutkan kartu yang harus dimainkan, maka juga akan terjadi visualisasi, tapi visualisasinya aneh. Misalnya, “Rain” yang ditambah “Wind” secara terus menerus, akan terjadi hujan badai.

“Anak jangan dibatasi untuk memainkan kartu-kartu tersebut. Nanti mereka akan mengetahui efek visualisasinya,” tambah Arsa Widitiarsa.

Di balik kartu tersebut, juga ada pengetahuan singkat yang diselipkan. Hal ini untuk mendapatkan pengetahuan ganda baik dari visualisasi di ponsel atau laptop sekaligus penjelaskan di kartu.

Daniel Simon menginginkan game ini memungkinkan ada level permainan sehingga akan memberi efek tantangan bagi pemain. Selain itu, game ini nanti juga bisa dikembangkan ke jenis yang lain, misalnya memasak yang dilengkapi dengan resep masakan tertentu.

“Anak akan cenderung kreatif menggunakan permainan ini. Selain bisa dicoba di gadget, kita harapkan mereka bisa mempraktekkannya di dunia nyata,” jelas Daniel.

Saat ini tim memang kesulitan untuk memasukkan sistem visualisasi dari kartu-kartu yang telah dibuat. Namun, dengan adanya bootcamp di Singapura nanti, kesulitan ini akan bisa diatasi. Sedangkan nama “KARK” sendiri merupakan plesetan kartu dalam bahasa Inggris, Card.

“Game ini perlu sebutan yang kuat dan kami memilih KARK. Tidak ada arti spesifik terhadap KARK sendiri,” pungkas Fithor Fariz.

1 Comment - Leave a comment
  1. quoted on www.31xuewei.com says:

    http://www.31xuewei.com

    Kark, Ajak Anak Belajar Sambil Bermain « dxdiaxz7z

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 


Welcome , today is Monday, September 24, 2018